Laman

Senin, 27 Februari 2012

Batuan dan Mineral

Kali ini kami ingin shere buat sobat sekalian tentang Batuan dan Mineral, sebenarnya apa sih batuan itu?? dan apa sih mineral itu??

Batuan merupakan material yang membentuk litosfir maupun kerak bumi, terdiri dari mineral-mineral, terbentuk di alam dan tidak hidup. dapat terbentuk dari hanya satu macam mineral ataupun himpunan berbagai macam mineral.

Batuan dibagi menjadi tiga golongan besar berdasarkan cara-cara terbentuknya:

  1. Batuan Beku, terbentuk dari magma yang mendingin dan membeku
  2. Batuan Sedimen, merupakan batuan yang terbentuk dari proses sedimentasi atau pengendapan( di darat atau di dalam air) dan setelah mengalami proses geologi menjadi batuan sedimen.
  3. Batuan Metamorf atau batuan malihan, yaitu batuan yang telah mengalami perubahan karna tekanan atau suhu yang tinggi. Perubahanya menjadi batuan metamorfosa, atau batuan malihan tanpa melalui pelelehan
 



 sedangkan Mineral adalah senyawa organik yang terbentuk secara alamiah , padat, mempunyai komposisi kimia dan struktur-dalam tertentu.

sesuai dengan pengertianya mineral mempunyai sifat-sifat fisik yang khas.Beberapa sifat fisik mineral adalah bentuk kristal, bidang belah(cleavege), kekerasan (hardnes),warna(color), gores(streak),kilap(luster),berat jenis(specific gravity),dan sifat optik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar